Kebiasaan Membaca, Kebiasaan yang Terlupakan


Buku merupakan jendela pengetahuan. Dengan buku, kita bisa mengetahui semua yang ada di dunia ini. Bahkan, apa saja yang ada di luar bumi ini bisa kita ketahui hanya dengan membaca buku. Orang-orang yang sukses itu, kebanyakan gemar membaca buku. Nah, yang saya tanyakan, mengapa orang-orang di Indonesia tidak mengikuti langkah sukses mereka, yaitu dengan membaca ?

Membaca, kegiatan yang satu ini memang membuat orang bosan kalau tidak terbiasa. Tapi, kalau sudah dibiasakan membaca, pasti akan menjadi hobi. Walaupun saya juga suka membaca tapi jujur, saya kurang tertarik dengan buku pelajaran. Mending saya buka National Geographic, hehehe. Tapi buku pelajaran juga saya baca lah.

Mengapa Komik daripada Buku Pelajaran?

Ada beberapa kalangan yang menyukai komik daripada buku pelajaran. Keterangannya di bawah ini.

Komik, buku cerita bergambar ini sangat memikat banyak kalangan. Tidak peduli yang muda atau pun tua. Besar atau kecil. Cowok atau cewek. Orang banyak tidak suka buku pelajaran karena, mungkin kurangnya gambar yang membuat orang tertarik untuk membaca. Ini adalah alasan yang sering saya dengar dari beberapa teman sekolah, les, dan juga yang lain.

Komik juga lebih difavoritkan karena kebanyakan komik adalah cerita petualangan (sebagai contoh Manga). Cerita petualangan inilah yang membuat beberapa kalangan pecinta komik untuk melanjutkan membaca komik dan membeli komik terbaru dan seterusnya. Ini dimanfaatkan oleh para creator manga untuk meneruskan cerita petualangan tersebut.

Mengapa Lebih Baik Membaca Buku Pelajaran ?

Saya membandingkan buku pelajaran dengan komik. Jadi, Anda bisa bertanya kalau misalnya dibandingkan dengan yang lain.

Buku pelajaran lebih bermanfaat daripada komik. Sebaiknya, Anda membaca komik hanya untuk hiburan saja. Jadi, tidak membuat Anda sampai ketagihan dan akhirnya Anda lupa belajar. Padahal, nilai di sekolah kan yang lebih penting daripada komik.

Selain penting untuk nilai, otomatis ketika kita membaca kita juga mendapat ilmu. Ilmu itu bisa kita gunakan di masa yang akan datang. Entah untuk bekerja, atau untuk membantu orang.

Buku pelajaran yang kita ambil informasinya pasti kita gunakan tanpa kesadaran kita. Jadi, kita juga gunakan ilmu tersebut untuk kegiatan sehari-hari kita.

Apakah Hanya Buku Pelajaran Yang Penting ?

Mungkin perntanyaan ini otomatis muncul dalam pikiran Anda. Tentu saja, hidup ini tidak hanya untuk mencari nilai sekolah. Mungkin Anda juga suka membaca buku Biografi/Otobiografi seseorang. Jadi, Anda lebih mengetahui pikiran orang yang sukses. Mungkin juga, Anda membuka buku tentang Blog untuk mengurus Blog Anda:mrgreen: .

Sebagai contoh, buku untuk merawat diri juga penting. Ya alasannya, agar tubuh kita tetap terawat dan tidak rusak. Dan akhirnya kita akan sakit. Tentu kita semua tidak menginginkan sakit. Semua ingin hidup yang sehat.

Penutup

Jadi, jangan pernah Anda melupakan kegiatan yang bermanfaat bagi Anda, contohnya adalah membaca. Entah buku apa saja kalau itu bermanfaat, baca dan tangkap informasi yang Anda perlukan. Jangan sampai Anda tidak tahu apa yang ada dan terjadi di dunia ini. Nanti Anda bisa dibilang Ndeso !!! 😆 .

Sekian dulu lah postingan saya kali ini. Mungkin kalau ada yang salah, kasih kritik aja lah. Matur nuwun.

11 thoughts on “Kebiasaan Membaca, Kebiasaan yang Terlupakan

  1. kalo kebiasaan itu terlupakan , berarti aku bukan termasuk yang melupakan *oas hahaha😆

    tapi sekarang ini sih udah banyak kok, komik yang nerangin pelajaran, dan aku sendiri punya beberapa *mau pinjem?* wkwk

    tambahan aja , baca komik (kalau komiknya bener) yah pasti ada pesan moralnya kan.

    apalagi sekarang kan buku pelajaran udah banyak variasi biar pembaca gak bosen kan ? sekedar info ae , aku selalu bosen baca buku sejarah hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s