Manfaat Tidur Siang


Mungkin beberapa dari Anda sangat jarang bahkan tidak pernah untuk tidur siang karena kesibukan Anda masing-masing. Ada yang bekerja, sampai anak-anak juga begitu karena tugas dari sekolah. Padahal, kegiatan tidur siang yang sering Anda lewatkan ini memiliki beberapa manfaat. Selain dapat menyegarkan Anda kembali, ternyata juga dapat mengurangi resio terkena penyakit jantung.

Penelitian selama enam tahun di Yunani menunjukkan mereka yang tidur selama setengah jam paling tidak tiga kali dalam seminggu, 37 persen lebih rendah terkena serangan jantung.

Riset yang dilakukan di Yunani ini dilakukan pada 23.681 prua dan wanita dalam rentang usia 20 sampai 86 tahun. Para partisipan memiliki catatan kesehatan yang baik, tanpa sejarah menderita penyakit jantung dan penyakit akut lainnya.

Dalam studi selama enam tahun tersebut, partisipan diminta keterangan tentang jam tidur siang mereka, pola makan mereka dan aktivitas fisik yang rutin mereka lakukan.

Hasilnya, para peneliti menyatakan mereka yang tidur siang memiliki resiko lebih rendah menderita gangguan jantung sebanyak 34 persen dibanding mereka yang tak tidur siang.

Sementara mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit selama tiga atau lebih dalam setiap minggunya memiliki catatan 37 persen lebih rendah terkena gangguan jantung.

Manfaat dari tidur siang juga dirasakan oleh pekerja. Sebanyak 64% mengalamai penurunan resiko penyakit jantung yang berpotensi mengakibatkan kematian. Sedangkan pada pria pengangguran, hanya tercatat 36% .

Manfaat lain dari tidur siang adalah dapat menigkatkan ingatan kita. Pengaruh tidur siang jelas terlihat hasilnya untuk meningkatkan
kemampuan mengingat hal-hal jangka panjang dan hal-hal yang bersifat penjelasan.

Itulah temuan tim peneliti yang dipimpin Avi Karni, seorang ahli ilmu otak dari Universitas Haifa, Israel yang dipublikasikan jurnal Nature Neuroscience edisi terbaru. Memori jangka panjang biasanya tetap diingat seseorang selama bertahun-tahun, misalnya melihat terjadinya kecelakaan mobil di depan mata. Sementara, memori yang bersifat penjelasan, misalnya cara bermain drum atau video game.

Dalam percobaannya, Karni meminta sukarelawan mengingat-ingat permainan jari yang rumit. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok, salah satu tidur siang selama setahun dan lainnya tidak.

Ternyata, sukarelawan-sukarelawan yang tidur siang mampu mengingat lebih baik daripada yang tidak tidur. Setelah tidur
malam, kemampuan kedua kelompok tak jauh berbeda, namun kelompok yang tidur siang tetap saja menunjukkan kemampuan mengingat lebih baik.

Maka dari itu, segera Anda memanfaatkan waktu sejenak untuk tidur siang yang mendatangkan manfaat itu.

9 thoughts on “Manfaat Tidur Siang

  1. hoam
    aku kurang suka tidur siang. karena kalau aku tidur siang, malamnya aku bakalan tidur larut malam.
    kecuali kalau aku lg kecapekan yo tidur siang. tapi tetep ae malemnya tidur larut.
    (mbulet)

  2. sejak smp ,, aku jadi jarang ada waktu tidur siang ..
    jangankan tidur siang ,, malem aja aku cuma 5 – 6 jam ..
    banyak pikiran seh bawaan sekolah ..
    ngomong” ,, banyak yang salah ketik ..

  3. tidur siang memang bagus untuk kesehatan. Sangat dianjurkan. Namun, tidur siang di Indonesia lahir sebagai wujud penegasan adanya kolonialisme. Belanda saat itu mengampanyekan tidur siang agar masyarakat tak produktif, tidak mengorganisasi diri untuk melakukan perlawanan. Mereka (Belanda) menganjurkan tidur siang bagi masyarakat awam agar mereka hidup seperti kalangan bangsawan. Yap, tidur siang diidentikkan dengan bangsawan. Di dunia ini, budaya tidur siang secara paksa hanya ada di dua negara, klo ga salah, yaitu: Indonesia dan Spanyol. (Maaf klo aada salah cz artikel tsb pernah aq baca pas zaman SD/SMP, 10 thn lebih..hehe)

    So, sekeluarga di rumah ga ada kewajiban tidur siang, tergantung masing-masing. Klo capek ya ntar tidur-tidur sendiri:)

    Salam kenal….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s