Akibat Tidur Mendengkur


Bagi para pembaca, apakah Anda ‘ngorok’ kalau sedang tidur ? Mungkin Anda akan berpikir kalau mendengkur itu biasa. Tapi, jika Anda selalu mendengkur saat tidur, dapat menimbulkan penyakit, lho. Berdasarkan beberapa penelitian, selain mengganggu orang yang berada di sekitarnya, ternyata juga dapat merugikan orang yang mendengkur.

Sebagian orang yang mendengkur, mengalami episode henti nafas saat tidur. Wisconsin Heart Study, melaporkan bahwa 9% wanita dan 24 % pria mengalami gangguan ini. Penelitian secara restrospektif mendapatkan bahwa 60 % penderita strok memiliki masalah ini.

Mendengkur ternyata bisa cukup berbahaya. Karena, pada saat mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat menyempitnya saluran nafas. Sehingga, apabila gangguan suplai oksigen tersebut berlangsung lama, saat tidur tubuh kita akan kekurangan oksigen. Akibatnya, nyawa kita akan terancam.

Hal ini biasanya terjadi pada OSA (obstructive sleep apnea) dimana mendengkur sudah mencapai tahap mampu menghentikan pernapasan untuk beberapa saat. Ciri dengkuran berbahaya tersebut adalah dengkuran terdengar keras lalu tiba-tiba terputus dan dilanjutkan kembali dengan hentakan nafas. Saat terjadi situasi seperti itu seluruh organ tubuh kita akan bekerja lebih keras, termasuk jantung dan otak. OSA menjadi prioritas karena banyaknya penderita yang tidak menyadari kondisinya.

Agar Anda tidak tidur mendengkur, ini ada beberapa kiat yang saya baca :

  1. Jangan minum minuman beralkohol karena menyebabkan penekanan pusat napas pada otak
  2. Rokok juga dapat menyebabkan Anda mendengkur
  3. Usahakan jangan tidur terlentang. Karena, pada saat tidur terlentang jalur pernapasan terhalang oleh otot di sekitar lidah yang jatuh ke belakang.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s