Olympus Mons


Apakah Anda sudah tahu apa gunung tertinggi di bumi ? Yuph, jawabannya adalah Mount Everest. Tapi, apakah Anda sudah tahu gunung tertinggi di Tata Surya ?? Jawabannya adalah Olympus Mons. Gunung tepatnya berada di planet Mars. Gunung yang memiliki tinggi 27.000 meter dari permukaan Mars. Secara astronomis, gunung ini terletak pada titik 18 ° N 133 ° W / 18, -133. Diameter gunung ini sepanjang 550 km. Bayangkan dengan gunung yang memiliki diameter terbesar di Bumi, yaitu pegunungan Mauna Loa yang berdiameter 120 km. Gunung ini diapit oleh tebing-tebing curam yang memiliki kedalaman hingga 6 meter. Dan memiliki kaldera (Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Kaldera sering tertukar dengan kawah vulkanik. Kata “kaldera” berasal dari bahasa Spanyol, yang artinya wajan) yang kompleks dengan panjang sekitar 85 Km (53 mil) dengan lebar 60 Km (37 mil) dan kedalaman 3 Km (1.8 mil) dengan enam lubang kawah yang tumpang tindih.

Gambar di samping ini adalah peta planet Mars dan tempat dimana Olympus Mons berada. Gunung ini memiliki kemiringan kubah pusat 2,5 derajat yang dikelilingi oleh wilayah luar 5 derajat.

Yang lebih dahsyatnya lagi, gunung ini lebih tinggi 3x daripada Mount Everest. Dengan membayangkan saja, Anda pasti sudah jelas mengetahui kalau gunung ini tinggi sekali. Gunung ini bisa setinggi itu karena ukuran Olympus yang sangat luar biasa kemungkinan disebabkan karena Mars tidak memiliki lempeng tektonik. Dengan begitu, kerak mars tetap tertuju pada satu hotspot (lokasi dipermukaan yang aktif yang telah mengalami kegiatan vulkanik untuk jangka waktu yang panjang) dan gunung berapi terus mengeluarkan lava sehingga gunung menjadi setinggi itu.

Astronom Patrick Moore mengatakan bahwa selama badai debu, Giovanni Schiaparelli menemukan bahwa Nodus Gordis danOlympic snow adalah satu-satunya objek yang dapat dilihat. Dan itu berarti objek itu berada pada tempat yang sangat tinggi. Pada tahun 1972, Mariner 9 memotret objek tersebut dan sangat jelas bahwa ketinggian obek tersebut lebih dari setiap gunung yang ditemukan di bumi. kemudian objek itu dinamakan Olympus Mons.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda🙂

One thought on “Olympus Mons

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s