Mengapa Air Laut Asin ???


kPernahkah Anda sesekali berpikir mengapa air laut yang ada di Bumi ini asin ? Mungkin, karena banyaknya keajaiban Yang Maha Kuasa inilah yang membuat kita tidak kepikiran tentang hal sepele ini. Apakah garam dari langit tiba-tiba jatuh ? Atau mungkin ada cara lainnya ?

Air Laut adalah air dari laut atau samudera. Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl). Yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi.

Sebenarnya, air laut memiliki kadar garam yang tinggi karena bumi mengandung banyak garam mineral. Garam mineral ini banyak terdapat di tanah dan batu-batuan. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu-batuan. Lama-kelamaan air laut menjdai asin karena banyak mengandung garam. Belum lagi peristiwa alam seperti letusan gunung api baik yang di daratan maupun di lautan, semua memberi kandungan khlor yang berlimpah bagi lautan. Proses di lautan ini berlangsung sejak lama, milyaran tahun sementara sungai atau danau relatif berusia lebih “muda”.

Mungkin Anda pernah bermain di pantai. Setelah itu, coba Anda keringkan baju Anda. Pasti terdapat butiran-butiran garam yang menempel pada baju Anda. Itu yang membuat laut menjadi asin.

Jadi, Anda sudah tahu bukan penyebab mengapa air laut itu asin ? Semoga ini bermanfaat, terima kasih telah membaca.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s