Pasang Laut


Pasang laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan atau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, matahari, dan bulan. Pasang laut menyebabkan Tperubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi pantai. Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpapar sewaktu pasang surut, disebut mintakat pasang, dikenal sebagai wilayah ekologi laut yang khas.

Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Tipe Pasang Laut:

  • harian (diurnal)
  • tengah harian (semidiurnal)
  • campuran (mixed tides).

Pasang laut merupakan efek dari gravitasi dan sentrifugal. Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi). Meskipun matahari jauh lebih besar darpada bulan, tetapi efek kepada pasang laut lebih besar bulan 2x dari pada matahari. Ini disebabkan jaraknya yang berbeda jauh.

Pasang laut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama.

Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tigaperempat.

Tarikan gravitasi Bulan bervariasi menurut jarak. Bumi yang berdiameter 12800 km juga mengalami variasi tarikan gravitasi tersebut. Sisi Bumi yang berada paling dekat dengan Bulan akan mengalami tarikan yang lebih besar dibandingkan sisi Bumi yang lebih jauh. Jika tarikan ini kita jumlahkan dengan gaya sentrifugal yang diterima Bumi maka tarikan pada sisi Bumi yang paling dekat dengan Bulan akan mengarah mendekati Bulan sementara sisi Bumi yang paling jauh dengan Bulan akan mengarah menjauhi Bulan. Gaya tarikan oleh Bulan seperti yang telah dijelaskan di atas biasa disebut gaya tidal.

Pengamatan menunjukkan Bulan bergerak menjauh dari Bumi dengan kecepatan 3.8 cm per tahun. Sementara itu penelitian mendalam menyangkut gerhana Matahari di masa lampau menunjukkan Bumi memang mengalami perlambatan kecepatan rotasi. Fakta-fakta ini selain membenarkan teori yang ada juga memberikan gambaran di masa depan Bulan akan semakin menjauh dari Bumi (sehingga penduduk Bumi tidak akan pernah lagi melihat gerhana Matahari total) dan panjang hari Bumi tidak akan 24 jam melainkan lebih lama.

Ilmu yang digunakan untuk mengetahui jadwal pasang laut sangat dibutuhkan untuk transportasi air, dan juga beberapa kegiatan lain dipesisir atau di tengah laut. Karena sifatnya periodik, jadi dapat diprediksi.

Ini adalah gambar pasang surut air laut.

4 thoughts on “Pasang Laut

  1. Briliant. Thank for amazed illustration,

    Answer: okay, you are welcome. you can visit my blog all the time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s