Jerawat


Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Mungkin, penyakit ini terlihat sangat sepele bagi Anda. Karena, pada umumnya jerawat itu mudah hilang dan hanya muncul di wajah. Ternyata, jerawat itu juga bisa muncul di dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.

Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit sebab sebelum masa pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan tiga minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, kulit mengelupas empat minggu sekali.

Jika Anda yang mempunyai jerawat suka untuk menggaruknya, pasti akan menyisakan bekas luka. Efek jerawat juga dapat terlihat dari sisi psikologis. Yaitu, suka minder bahkan sampai depresi.

Jerawat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang hiperaktif
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena garukan
  • Anabolic steroid
  • Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
  • Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne

Jerawat dapat dicegah dengan tidak sering memakan coklat, snack, gula, susu, dan seafood. Dan juga, membersihkan wajah dengan sabun muka secara teratur dapat menghambat pembentukkan jerawat pada tubuh Anda.

Jadi, jaga tubuh Anda. Jangan sampai jerawat tumbuh membesar. Terima kasih telah membaca.:mrgreen:

5 thoughts on “Jerawat

  1. Wkakak!
    betullll!
    setuju dengan anda!

    tapi ngomong” isi.a krang bnyak briiii……!
    tmbhin lgi donk! yayaya??!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s