Lampu 3 Watt, Cuma Ada di Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mendukung program Kampung Terang Hemat Energi (KTHE) 2010, PT Philips Indonesia memroduksi lampu khusus hemat energi (CFL-1) berukuran 3 watt dan 5 watt. Lampu-lampu jenis khusus tersebut sengaja diproduksi dengan harga murah agar mudah dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. “Meskipun harganya murah, kualitas lampu hemat energi sama dengan produk Philips lainnya. Lampu-lampu tersebut justru memiliki kelebihan tersendiri, yakni dapat membantu efisiensi pemakaian energi listrik sehingga otomatis berpengaruh pada pengurangan biaya rekening listrik,” papar Hendra Rusmana Liu, Senior Marketing Manager Philips Lighting Commercial saat ditemui dalam acara peresmian Kampung Terang Hemat Energi 2010 di Jakarta, Rabu (24/2/2010).

Di samping harganya yang terjangkau serta pengaruhnya terhadap efisiensi pemakaian energi listrik, lampu hemat energi Philips diproduksi dalam bentuk dan ukuran khusus, yakni 3 watt dan 5 watt. Katanya, lampu Philips berukuran 3 watt hanya ada dan diproduksi di Indonesia. “Lampu berukuran 3 watt ini cuma ada di Indonesia. Tidak ada di negara-negara pemasaran Philips yang lain lampu berukuran sekecil itu. Konsep 3 watt itu sengaja kami request langsung dari Philips pusat di Belanda khusus untuk masyarakat Indonesia. Kami request supaya ada produk yang kualitasnya sama tapi harganya terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah,” ujar Hendra.

Saat ini, lampu-lampu hemat energi tersebut telah dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia, tetapi pemasaran lebih diprioritaskan pada masyarakat di perkampungan atau pedesaan. “Produk sudah mulai beredar, tapi untuk lampu-lampu hemat energi 3 dan 5 watt ini memang agak sulit didapatkan di toko-toko listrik besar, pasar modern, atau swalayan di pusat-pusat kota, karena memang sengaja kami fokuskan pada masyarakat yang ada di pinggiran agar tepat sasaran, toko-toko kecil, dan lain-lain,” tambah Hendra.

Terkait dengan program KTHE 2010, Philips Indonesia juga mendonasikan masing-masing 1000 buah lampu hemat energi berukuran 3 watt dan 5 watt untuk 50 desa peserta KTHE yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s