Akibat Bom Fosfor


Senjata terlarang yang digunakan militer Zionis Israel dalam serangannya selama 22 hari terhadap Jalur Gaza, akan menyebabkan kelahiran bayi cacat fisik di Gaza.

Sebagaimana dilaporkan Radip IRIB, Iran dari Jalur Gaza, keterangan seorang ahli lingkungan hidup Mesir, Dr. Mahmud Amr, penggunaan senjata terlarang secara masif oleh Israel di Gaza berdampak buruk pada lingkungan hidup khususnya terhadap sumber-sumber air, dan penggunaan sumber tersebut akan berakibat buruk bagi kesehatan warga khususnya para ibu hamil.

Fosfor berupa berbagai jenis senyawa logam transisi atau senyawa tanah langka seperti zink sulfida (ZnS) yang ditambah tembaga atau perak, dan zink silikat (Zn2SiO4)yang dicampur dengan mangan. Kegunaan fosfor yang paling umum ialah pada ragaan tabung sinar katoda (CRT) dan lampu pendar, sementara fosfor dapat ditemukan pula pada berbagai jenis mainan yang dapat berpendar dalam gelap (glow in the dark). Fosfor pada tabung sinar katoda mulai dibakukan pada sekitar Perang Dunia II dan diberi lambang huruf “P” yang diikuti dengan sebuah angka.

Fosfor dapat mengakibatkan kebakaran dan asap. Sebenarnya, fosfor dalam perang hanya digunakan untuk menutupi pandangan musuh (kayak fles beng tapi gak ada suaranya). Jika sudah digunakan sebagai bom dan atau menyerang warga sipil, itu telah melanggar Hukum Internasional tentang perang yang disahkan di Jenewa

Tentu saja, bom fosfor langsung dilarang sebagai hasil daripada Konverensi Jenewa karena dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan, contohnya :

  • Fosfor putih dapat mengakibatkan luka dan kematian dengan tiga cara: dengan membakar jaringan otot, jika asapnya terhirup, atau tertelan. Akibat paling fatal jika tertelan atau terbakar.
  • Fosfor putih dapat mengakibatkan luka bakar tingkat tiga yang luas dan dalam. Terbakar oleh fosfor putih lebih berbahaya daripada terbakar api, karena fosfor yang terkandung akan menyerap ke dalam darah melalui luka bakar dan akhirnya akan menyebabkan kerusakan hati, jantung, paru-paru dan ginjal, bahkan dapat menyebabkan kegagalan banyak organ secara bersamaan (multi-organ failure).
  • WP (White Phosporus) yang terbakar menghasilkan asap putih tebal yang panas. Terpapar asap dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya penyakit bahkan kematian. WP dalam jumlah sedang akan mengiritasi mata dan hidung. Jika terpapar dalam waktu yang cukup lama, maka dapat menimbulkan batuk parah.
  • Jika tertelan, jumlah fosfor putih terbanyak yang dapat tertelan oleh manusia adalah 1 mg per setiap berat tubuh, dan jika tertelan hingga 15 mg, akan menyebabkan kematian. Menelan fosfor putih dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Berikut ini saya akan memberikan contoh gambar akibat dari Bom Fosfor

NB: Karena gambarnya itu termasuk Disturbing Picture, jadi ane cuma kasih linknya, hehe

Klik disini kalo mau liat gambarnya.

One thought on “Akibat Bom Fosfor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s