Bahaya Tidur Di bawah Lampu Menyala


Tidur adalah kegiatan yang membuat diri kita segar kembali. Ini salah satu alasan yang menyebabkan jika tidur adalah kebutuhan setiap orang, tak terkeuali. Namun, tidur yang sehat itu mempunyai beberapa syarat. Salah satunya adalah mematikan lampu saat kita tidur. Ini akan menjadi topik saya dalam postingan kali ini. Ada orang yang merasa tidurnya tidak nyaman karena beberapa faktor. Apakah Anda tidur di bawah lampu yang menyala ? Kalau iya, Anda beresiko terkena Leukimia.Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin. Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”. Dari hasil penelitian diketahui bahwa jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir.  Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang yang menyalakan lampu saat tidur pada malam hari lebih besar peluangnya terkena kanker.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.

source : Macam-Macam Sumber

Blog Terkait :

1. Menyalakan Lampu Saat Tidur Berakibat Kanker

2. Bahaya, Tidur Dengan Lampu Menyala

3. Klik Disini untuk lebih lengkap.


7 thoughts on “Bahaya Tidur Di bawah Lampu Menyala

  1. Saya br tau, krn selama ini saya tidur dengan lampu yang menyala dan terang lagi. Kalo ngga’ pake lampu anak-anak ngga’ bisa tidur, trims infonya

Leave a comment